DAERAH  

Pengukuhan Tomakaka Ulumanda ke-19 H. Muhammad Idris DP, M.Si

MAJENE — Kegiatan pengukuhan Tomakakaka Ulumanda ke -19 yang dirangkaikan Festival Adaq Tuho dilaksanakan di Lapangan Sport Center Ulumanda, Desa Kabiraan, Kecamatan Ulumanda, Kabupaten Majene, (02/ 03/2024).

Pengukuhan Dr.H.Muhammad Idris.DP,M.Si Sebagai Tomaka Ulumanda. Sebuah tradisi budaya yang terus di pertahankan sampai saat ini.

Adaq Tuho Sakka Pambojangan Mutuppu ende Mapuru Kalisusuang merupakan eksplorasi dan harmoni ekosistem karya budaya dalam pertunjukan Tari, Teater, dan dialog budaya.

Dalam sebuah pertunjukan tari dan teater yang memikat Sakka pamboyangan mengganbarkan keindahan dan kearifan lokal yang terjandung dalam setiap tahapan prosesi tersebut.

Perlu Dibaca  Pj Gubernur Sulbar Dorong Layanan Pembayaran Berbasis Digital Non Tunai di Samsat

Festival Ada’ tuho Sakka Pambojangan Mutuppu ende Mapuru kalisusuang merupakan Eksplorasi dan Harmoni Ekosistem Karya Budaya dalam Pertunjukan Tari, Teater, dan Dialog Budaya.

Sakka Pambojangan adalah sebuah tradisi khas Ada Tuho dari Ulumanda, tidak hanya menjadi serangkaian tahapan dalam prosesi pernikahan, tetapi juga sebuah perayaan akan kekayaan budaya dan nilai-nilai tradisional yang terus hidup dan berkembang.

Sakka Pambojangan menghadirkan keindahan gerakan, makna mendalam, dan ritual yang sarat akan nilai-nilai kekeluargaan, kebersamaan, serta keseriusan dalam mempersatukan dua keluarga.

Perlu Dibaca  Polemik 3 OPD di Sulbar, ALARM Temui Pj. Gubernur Prof Zudan

Muhammad Yusuf Tahir dalam kesempatannya menyampaikan bahwa Peningkatan Budaya Kearifan Lokal Menguatkan Ketahanan Seni Budaya di Masyarakat.

“Kami percaya bahwa keberagaman budaya adalah kekayaan yang tak ternilai bagi masyarakat kita. Dengan terus memperkuat budaya kearifan lokal, kami yakin bahwa kita dapat memperkuat ketahanan seni budaya kita dan meningkatkan kebanggaan dan rasa persatuan di antara kita semua.” Ucapnya.

Plt. Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Sulawesi Barat berharap dengan dilaksanakannya kegiatan Festival dan pengukuhan Tomakaka Ada’ tuho Ulumanda dapat Memperkuat Identitas Kultural.

Perlu Dibaca  Bikin Gasing Lawan Berhamburan Kelompok Bunga Mawar Menuai Pujian

“Untuk memperkuat identitas kultural kita harus bekerja sama dengan semua pemangku kepentingan dalam mempromosikan keberagaman budaya sebagai kekuatan dan kebanggaan kita serta memelihara warisan budaya kita dengan bangga.

Dalam sambutanya Idris DP menyampaikan, bahwa amanah yang dipikul bukanlah hal yang mudah, melainkan harus penuh dengan tanggung jawab sebagaimana pesan orang terdahulu.

” Adaq Tuho adalah sebuah prinsip yang harus tetap kita jaga, olehnya itu amanah besar ini tentunya harus dengan tanggung jawab besar,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *