MAJENE  

Bupati Majene : Diksar Tetap Optimal untuk Menunjang Tugas Operasional SAR secara Cepat, Tepat dan Handal

MAJENE, rekanberita.com – Peran Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) sangat diperlukan dalam memberikan pelayanan pencarian dan pertolongan serta penyelamatan korban.

“Walau dengan keterbatasan sarana dan prasarana serta sumber daya manusia, Basarnas Mamuju telah menunjukkan kinerjanya yang dirasakan masyarakat,” urai Bupati Majene Andi Achmad Syukri pada pembukaan pelantikan pengurus Saka Sar dan Diksar Saka Sar Unit Siaga Sar Majene Kantor Pencarian dan Pertolongan Mamuju di ruang Pola Kantor Bupati Majene, Kamis (24/08/2023).

Dihadapan para Panitia, Instruktur dan para peserta Diksar Saka Sar Unit Siaga Sar Majene, Andi Syukri mengucap apresiasi sebagai upaya Basarnas dalam mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki keterampilan dan kesiapsiagaan dalam memberi pertolongan terhadap korban kecelakaan atau bencana yang tidak dapat diprediksi.

Perlu Dibaca  Waduh...!!! Diduga Ngaku Wartawan Sempat Bentak Perawat di Puskesmas Pamboang

“Kesiapsiagaan perlu menjadi perhatian, mengingat Negara kita berada pada posisi strategis aktivitas transportasi udara maupun maritim. Artinya, Indonesia terletak diantara tiga lempengan dunia, yaitu lempengan Eurasia, Indo-Australia dan Pasifik,” jelasnya.

Disebutkan, sedangkan Provinsi Sulbar memiliki daratan dengan luas 16.787 kilometer persegi, luas lautan 22.012 kilometer persegi dan garis pantai sepanjang 617,5 kilometer.

“Berdasarkan Undang-undang Nomor 29 Tahun 2014 Tentang Pencarian dan Pertolongan, Basarnas adalah lembaga yang bertugas dan bertanggung jawab dalam pencarian dan pertolongan,” ulasnya.

Pada 2021 lalu lanjut Andi Syukri, daerah Kabupaten Majene diguncang gempa bumi 6,2 Magnitudo. “Sebelumnya juga sering terjadi beberapa kejadian bencana dan kecelakaan yang menyebabkan korban jiwa dan materi yang kesemuanya peringatan dan pembelajaran bagi kita untuk selalu waspada,” terangnya.

Perlu Dibaca  Warga Mosso Ini Alami Penyakit Aneh, Batu Ginjalnya Mirip Batu Akik

Dipaparkan, pelantikan pengurus Saka Sar dan Diksar Saka Sar Unit Siaga Sar Majene mengingat para peserta adalah generasi penerus dalam setiap pelaksanaan penanganan bencana atau kondisi yang membahayakan manusia yang terjadi di daerah ini.

“Saya berharap, pelantikan ini dapat menghasilkan ketersediaan SDM yang siap mendukung tugas operasi Sar dalam pencarian dan pertolongan Diksar Saka Sar ini, dan peserta akan memperoleh pengetahuan, keterampilan dan pembentukan sikap mental yang siap bekerja untuk kemanusiaan,” harapnya.

Perlu Dibaca  Wakil Bupati : Majene akan terus berkembang dan menjadi suatu kota dengan akses pendidikan yang berkualitas dan terjangkau

Andi Syukri berpesan, kepada para peserta Diksar Saka Sar Unit Siaga Sar dapat mengikuti dengan baik semua petunjuk pelatih, baik teori maupun praktek dan tetap memperhatikan keselamatan terutama keamanan saat praktek di lapangan.

“Kepada pelatih, selamat bekerja semoga Diksar ini berjalan dengan lancar dan para peserta tetap menjaga kualitas Diksar agar hasil Diksar tetap optimal untuk menunjang tugas operasional Sar secara cepat, tepat dan handal,” pesannya.

Hadir pada pelantikan, Ketua Kwartir Cabang Pramuka Majene, Kepala Basarnas Sulbar, Kepala Disdikpora Majene, serta para tamu undangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *