September 3, 2018

Mengenal orang-orang ‘dekat’ di lingkaran capres Jokowi

Mengenal orang-orang ‘dekat’ di lingkaran capres Jokowi

Mengenal orang-orang ‘dekat’ di lingkaran capres Jokowi-Presiden Joko Widodo (Jokowi) sering kali berdiskusi dengan orang-orang terdekatnya membicarakan persoalan bangsa. Termasuk situasi politik dalam negeri.

Siapa saja orang-orang terdekat Presiden. Nama-nama berikut ini sering terdengar sebagai orang dekat Jokowi. Sering diajak diskusi sebelum mengambil keputusan penting.

Berikut nama-nama yang disebut sebagai orang dekat Presiden Jokowi:

1. Teten Masduki

Mengenal orang-orang 'dekat' di lingkaran capres Jokowi

Sejak 2014, Jokowi begitu dekat dengan Teten Masduki. Jokowi mengajak Teten masuk sebagai tim sukses pada Pilpres 2014. Teten sebelumnya dikenal sebagai aktivis anti korupsi. Namanya berkibar waktu memimpin ICW.Mengenal orang-orang ‘dekat’ di lingkaran capres Jokowi

Saat Jokowi terpilih sebagai presiden, Teten pernah menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan (KSP). Tak lama menjabat, Teten diganti dan sekarang menjabat sebagai Staf Khusus Presiden. Ia dilantik oleh Jokowi sejak 17 Januari 2018.

“Pak Teten sekarang ada di dekat saya tiap hari. Di koordinator staf khusus, setiap hari harus di dekat saya,” kata Jokowi.

2. Pratikno

Mengenal orang-orang 'dekat' di lingkaran capres Jokowi

Menteri Sekretaris Negara Pratikno juga memiliki kedekatan dengan Jokowi. Sebelumnya ia merupakan rektor Universitas Gadjah Mada yang ke 14. Ia juga pernah menjabat sebagai dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UGM. Pada tahun 2009 silam, ia mendapat kepercayaan KPU untuk menjadi salah satu pemandu Debat Calon Presiden 2009.

Pratikno sering disebut sebagai orang kepercayaan Jokowi dalam menjalan misi komunikasi politik. Hal itu terungkap saat Pratikno berkomunikasi dengan Mahfud MD yang akan dipinang Jokowi sebagai capres. Ditambah posisinya sebagai Mensesneg yang memang selalu dekat dengan presiden.Mengenal orang-orang ‘dekat’ di lingkaran capres Jokowi

 

BACA SELANJUTNYA : STAFNYA INGIN NYALEG, AHOK SARANKAN LEWAT PDIP

 

3. Luhut Binsar Panjaitan

Mengenal orang-orang 'dekat' di lingkaran capres Jokowi

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan terbilang sangat dekat dengan Jokowi. Mereka sering berbincang dalam pertemuan non formal.¬†Mengenal orang-orang ‘dekat’ di lingkaran capres Jokowi
Bahkan, saat pemerintahan Jokowi mendapat kritik tajam, Luhut paling vokal membela. “Pemerintahan saat ini sudah cukup bagus membawa perubahan bagi negeri ini. Salah satunya pertumbuhan ekonomi yang terus tumbuh dari tahun ke tahun,” kata Luhut.

4. Megawati Soekarnoputri

Mengenal orang-orang 'dekat' di lingkaran capres Jokowi

Terakhir ada nama Ketua Umum PDI Perjuangan (PDI-P) Megawati Soekarnoputri. Lewat PDIP, Jokowi dicalonkan sebagai presiden. Kedekatan Jokowi dan Mega sebenarnya sudah terjalin lama saat menjadi wali kota dan gubernur DKI Jakarta.Mengenal orang-orang ‘dekat’ di lingkaran capres Jokowi

Beberapa kali Jokowi juga sering melakukan pertemuan dengan Mega. Pertemuan terjadi di Istana Negara dan Bogor. Berlangsung santai dan dibungkus sambil makan-makan.

Pertemuan keduanya biasanya membicarakan persoalan bangsa. Apalagi Mega adalah Presiden ke-5 RI.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *