Desember 19, 2018

4,5 Juta Warga Belum Rekam Data e-KTP, Ditjen Dukcapil Jemput Bola

Juta Warga Belum Rekam Data e-KTP, Ditjen Dukcapil Jemput Bola

Juta Warga Belum Rekam Data e-KTP, Ditjen Dukcapil Jemput Bola-Batas perekaman data e-KTP akan habis pada 31 Desember nanti. Tercatat masih ada juta warga yang belum melakukan perekaman data.

 Juta Warga Belum Rekam Data e-KTP, Ditjen Dukcapil Jemput Bola

“(Ada) Sekitar juta warga yang belum. Tidak lebih dari 5 juta. Kalau persentasenya sudah 97,39%. Jadi kurang 2,61%,” kata Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh saat dihubungi, Selasa (18/12/2018).

Zudan mengatakan pihaknya tetap menargetkan perekaman data selesai Desember 2018 ini. Sehingga data tunggal warga negara terwujud.

“Karena masih banyak penduduk di database yang terdata memiliki KTP-el dan NIK lebih dari satu. Ini kan sisa masa lalu, penduduk kita kan punya banyak KTP lebih dari satu,” ucapnya. Juta Warga Belum Rekam Data e-KTP, Ditjen Dukcapil Jemput Bola

“Zaman dulu kan mudah, karena belum terkoneksi dalam data center. Punya tiga rumah, punya tiga KTP, punya tiga KK. Sekarang dengan KTP-el tidak bisa. Maka dengan punya KTP-el, data lain akan kita nonaktifkan,” imbuh Zudan.

Dia mengatakan 4,5 juta warga yang belum melakukan perekaman data teriidentifikasi dengan berbagai macam kasus yakni ada yang baru berusia 17 tahun, ada yang memiliki NIK ganda, hingga persoalan WNI yang ada di luar negeri. Juta Warga Belum Rekam Data e-KTP, Ditjen Dukcapil Jemput Bola

udan mengatakan Ditjen Dukcapil akan melakukan jemput bola dengan cara mendatangi wilayah yang banyak warga belum melakukan perekaman data e-KTP. Di sisi lain, dia berharap masyarakat proaktif untuk melakukan perekaman. Juta Warga Belum Rekam Data e-KTP, Ditjen Dukcapil Jemput Bola

“27 Desember kita ada program jemput bola serentak nasional di 514 kabupaten/kota bareng dari 08.00 sampai selesai. Jadi nanti kita mendatangi SMA, pondok pesantren, rutan, lapas, pabrik, atau kantor-kantor yang terkonsentrasi orang-orang yang belum merekam,” ucapnya.

REKAN BERITA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *