November 29, 2018

Tahun Terakhir Emil Pimpin Trenggalek, APBD 2019 Ditetapkan Rp 2,18 T

Tahun Terakhir Emil Pimpin Trenggalek, APBD 2019 Ditetapkan Rp 2,18 T

Tahun Terakhir Emil Pimpin Trenggalek, APBD 2019 Ditetapkan Rp 2,18 T-Dewan perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Trenggalek menetapkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerag (APBD) 2019 sebesar Rp 2,018 triliun dengan defisit Rp 35 miliar, karena jumlah proyeksi belanja lebih besar dengan total angka Rp 2,05 triliun.

Ketua DPRD Trenggalek, Samsul Anam, mengatakan jumlah APBD 2019 yang barus aja disahkan lebih besar dibanding asumsi awal yang diajukan pemerintah daerah sekitar Rp 1,580 triliun. Peningkatan jumlah APBD tersebut terjadi lantaran ada penambahan jumlah gelontoran anggaran dari pemerintah pusat.

“Itu kami ketahui setelah rapat bersama TAPD dan OPD penghasil pada tanggal 14 November, ternyata dana perimbangan dari pemerintah pusat sesuai dengan pemberitahuan resmi terakhir mengalami peningkatan dari asumsi awalTahun Terakhir Emil Pimpin Trenggalek, APBD 2019 Ditetapkan Rp 2,18 T

sehingga terjadi selisih Rp 438 miliar dari RAPBD yang diajukan sebelumnya,” kata Samsul Anam, Kamis (29/11/2018) sore.

Pihaknya berharap dengan penetapan APBD 2019 tersebut bisa memperlancar proses pembangunan daerah pada tahun anggaran 2019 mendatang sekaligus mampu memjawab Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang dicanangkan oleh pasangan Bupati dan Wakil Bupati Emil Elestianto-Mochammad Nur Arifin.

Sementara itu Bupati Trenggalek usai sidang paripurna di kantor DPRD setempat, mengaku bersyukur pengesahan APBD 2019 bisa disahkan sesuai dengan tenggat waktu yang ditargetkan. Pihaknya mengaku pada periode keempat pemerintahannya tersebut banyak agenda pembangunan berskala besar yang akan dilakukan.Tahun Terakhir Emil Pimpin Trenggalek, APBD 2019 Ditetapkan Rp 2,18 T

Tahun Terakhir Emil Pimpin Trenggalek, APBD 2019 Ditetapkan Rp 2,18 T

“Ada beberapa yang fundamental

seperti menyelesaikan JLS Panggul-Munjungan-Prigi, kemudian pembangunan GOR, kemudian Trenggalek juga mendapatkan Dana Insentif Daerah yang tidak sedikit, DAK juga kami dapat untuk melakukan pembenahan kawasan wisata Prigi 360,” ujarnya.

Selain itu pemerintah daera juga akan membangun Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT), pembangunan Pasar PON, Pasar Munjungan serta beberapa infrastruktur lain. Penetapan anggaran yang tepat waktu dinilai merupakan hal yang positif guna menambah akslerasi pembangunan di tahun 2019 mendatang.Tahun Terakhir Emil Pimpin Trenggalek, APBD 2019 Ditetapkan Rp 2,18 T

“Penetapan tepat waktu ini sangat penting, karena kami bisa segera melakukan lelang dini sehingga tahun depan lebih banyak waktu untuk melakukan pekerjaan dengan lebih baik,” imbuh Emil.

Emil mengaku, APBD Trenggalek 2019 merupakan tahun terakhir ia mengawal pembangunan di Trenggalek secara langsung, karena beberapa bulan kedepan ia akan menduduki posisi barunya sebagai Wakil Gubernur Jawa Timur mendampingi Khofifah Indar Parawansa.Tahun Terakhir Emil Pimpin Trenggalek, APBD 2019 Ditetapkan Rp 2,18 T

“Saya pribadi mengawal anggaran ini tersusun, tentunya banyak diantara pihak yang mungkin merasa belum terpenuhi harapannya, kami mohon maaf yang sebesarnya. Karena sebanyak-banyaknya anggaran tidak akan bisa memenuhi seluruh kebutuhan seluruh Kabupaten Trenggalek, tapi pemerintah terus berupaya untuk memperluas jangkauan,” jelasnya.

REKAN BERITA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *